Daftar Istilah Penting

Berikut adalah daftar istilah yang penting diperhatikan bagi peminat jurnalistik, wartawan, narasumber, peneliti, ataupun pelajar/mahasiswa untuk anda telusuri lebih jauh :

Bias, adalah kecenderungan berita berdasarkan opini, keyakinan atau perasaan. Pernahkah anda mendengar “bias gender” dalam dalam sebuah berita?

Spin, Adalah kecenderungan yang Anda sisipkan dalam berita, atau komentar untuk mengontrol/mengarahkan reaksi publik. Istilah sehari-hari untuk hal ini adalah “plintiran”.

Ombudsman, bertindak sebagai perantara media dengan komunitas tanpa menjadi bagian dari staf berita, dia menangani keluhan, atau saran dari pembaca.

Budgeting (pengaturan) berita, tidak (selalu) terkait dengan keuangan. istilah budgeting yang dipakai awak media berarti menyusun daftar berita setiap hari, atau seminggu, dan mengurutkannya berdasarkan prioritasnya, untuk dimuat pada edisi berikutnya.

Wire
, singkatan dari wire service (layanan berita kabel), adalah kelompok yang mengumpulkan berita-berita untuk koran atau media lain, dan mereka mendistribusikannya secara elektronik. Contohnya adalah Associated Press dan Reuters.

Tabloid, atau disingkat Tab, adalah bentuk format atau ukuran kertas (sekitar separuh ukuran lebar koran biasa), samasekali tidak berhubungan dengan isi medianya. Isi sebuah tabloid dapat saja serius, contohnya Tabloid ekonomi Kontan.

Sensasionalisme, adalah istilah yang digunakan untuk mendiskripsikan berita yang dibesar-besarkan, dibuat dramatis, atau dimodifikasi.

Scoop, berarti mendapat berita ekslusif dan mengabarkannya sebelum dikabarkan orang lain. Istilah ini berasal dari novel Evelyn Waugh tentang kisah reporter yang memburu berita.

Legals, iklan berbayar yang dipasang oleh lembaga pemerintah, atau organisasi publik. Banyak media mendapatkan uang dari iklan semacam ini, karena dalam hal-hal tertentu pihak pemeritah memang diwajibkan oleh undang-undang untuk mengumumkan sesuatu informasi publik.

Sidebar, adalah berita sekunder yang menyertai berita utama di satu halaman, sering digunakan untuk menyajikan dimensi atau persfektif yang berbeda.

Teras (lead) berita,  adalah pengantar atau entri poin dari suatu berita, biasanya memberikan pembaca info yang jelas dan ringkas tentang apa isi berita lengkapnya tetapi teras berita tidak memuat detail berita ini. Istilah “lead in” sering daikapai awak media jika mereka (mulai/sudah) menemukan lead yang sebaik-baiknya.

Nutgraph (atau nutgraf), tulisan singkat yang dipakai untuk menempatkan informasi enting di dekat bagian atas berita, biasanya satu alinea, misalnya berisi sedikit informasi KONTEKS historis atau konteks lainnya. Memberi tahu pembaca tentang maksud dari berita dan meringkasnya dengan konteks. Ia umumnya diikuti dengan teras berita. The Walstreet Journal mewajibkan penulisnya untuk membuat nutgraf sejak 1950.

Kutipan Langsung, berguna untuk mendukung data, dan sangat berguna sebagai cara yang cepat dan mudah untuk manambah warna berita.

Transisi, setiap kali anda menyebut (menulis) fakta baru dalam rangkaian tulisan Anda, anda perlu mengawalinya dengan sebuah transisi atau kata penghubung. berguna untuk menghasilkan alur tulisan yang bagus dan enak dibaca/didengar. Transisi memudahkan pembaca berpindah dari satu poin ke poin lainnya, tanpa “kejeglong” oleh perubahan mendadak pada isi atau pokok pikiran pada tulisan.

Dan lain-lain, anda dapat menambahkan istilah jurnalistik yang anda temukan, tulislah di kolom komentar:

 

Leave a comment